APAKAH?

APAKAH DINOSAURUS ITU?

Teman-teman tau nggak Dinosaurus hidup di bumi berjuta-juta tahun yang lalu dan wujudnya seperti reptilia sekarang. Kulitnya kering bersisik. Dinosaurus bertelur dan berdarah dingin seperti kadal atau ular. Kakinya tepat di bawah badan, bukannya di samping seperti kaki kadal.

Tiranosaurus reks dikenal sebagai raja kadal lalim dan dinosaurus yang paling kuat. Dari hidung samapi ekor panjangnya 14 meter; maka inilah karnivora paling besar yang pernah hidup di bumi. Lingkar tengkoraknya 1,2 meter. Rahangnya sangat besar dengan deretan gigi sangat tajam. Tingkah lakunya sangat buas dalam berburu dan memakan bintang lain. Menurut ilmuan, Tiranosaurus reks juga pemakan bangkai dan makan daging sesamanya yang sudah mati.

Ornitomimuslah yang agaknya paling cepat. Wujudnya mirip burung unta yang tak berbulu karena kaki belakangnya panjang lagi kuat, lehernya panjang dan kepalanya mirip kepala burung. Larinya mungkin juga seperti burung unta dan berkat kakinya barangkali dinosaurus si burung unta menjadi juara lali di antara dinosaurus.

Dinosaurus ada yang Kaenivora dan Herbivora. Karnivoranya, atau pemakan daging, mempunyai gigi dan cakar tajam untuk menyerang dan membunuh mangsa. Herbivora biasanya memiliki semacam sirip atau duri-duri ekor untuk melindungi diri jika diserang.

Mengapa dan bagaimana dinosaurus tiba-tiba punah pada akhir Zaman Kapur, itu nerupakan salah satu rahasia besar bagi ilmu.

Tinggalkan komentar